Tips agar Puasamu Berjalan Lancar

Hello guys…

Hari ini gue bakal kasi kalian tips gimana cara biar puasa kita lancar dan biar puasanya nggak kerasa. Jadi sebenernya tips ini buat orang yang lagi nganggur ya guys atau masi nggak ada kerjaan. Bisa juga dibilang kalo kagak ada kegiatan. Kalo misal yang udah kerja kan, waktunya udah terkuras sama kerjaan yah entah itu di kantor, di rumah (ini maksudnya orang yang punya bisnis di rumah), atau dimana aja lah yang penting kerja. pulang-pulang paling juga bisa tidur atau kalo enggak bersih-bersih rumah gitu terus tinggal lanjut sama masak sambil nunggu beduk maghrib. Nah, kalo orang pengangguran seperti gue yang biasanya cuman mainin gadget (hahahah) pasti bingung lah yah enaknya mau ngapain. Enaknya ngelakuin apa yah yang sekiranya bermanfaat dan biar bikin waktu nggak kerasa. So, gue bakal kasi kalian tips agar hari-hari kalian bermanfaat saat puasa, pastinya ini tips ala-ala gue. Simak yah??

Pertama, tips saat pagi hari sesudah sahur. Kalian pasti punya jadwal sahur yang beda-beda kan guys. Jadi gue bakal ambil contoh dari jadwal sahur gue aja yah. So, biasanya gue sahur itu sekitar jam 3. Tapi karna gue masih harus masak, nyiapin sahuran dan Alhamdulillah sholat tahajud, jadi gue musti bangun jam setengah 2. Anggap aja kita sahur itu 30 menit (yang kurang lama bisa angkat jempolnya). Setelah makan sahur kita bisa gunain waktu yang ada (sambil nunggu adzan subuh maksudnya) dengan nyuci piring. Dan jikalau waktu masih ada kita bisa ambil wudhu terus tadarusan. Setelah subuh dan dilanjut sama sholat subuh (jangan lupa tadarus lagi ya guys) biasanya gue lanjut ke bersih-bersih rumah, nyuci pakaian, dan nyetrika (kalo ada baju yang disetrika sih) sampai kira-kira pukul 8 sampai 9 an. Habis itu kalian bisa mandi dan dilanjut sama sholat dhuha. Dan tak lupa setelah sholat dhuha kalian bisa lanjut tadarus. Dan sekedar info aja yah guys, kenapa gue suka banget luangin waktu buat sering tadarus waktu puasa. Karena menurut gue, baca Al Qur’an itu bener-bener kegiatan yang santai tapi nggak pernah kerasa ke waktu gitu. Tiba-tiba aja sangking lamanya, mata loe perih, atau loe berasa sedikit pusing atau loe ngerasa duduk kelamaan jadi agak sedikit kaku (pernah kan ngalamin gitu, atau cuman gue doank yah). Dan yang paling penting, baca Al Qur’an itu suatu kegiatan yang nggak makan banyak tenaga tapi pahalanya ngalir gitu. Karena setau gue pahalanya itu dihitung perhuruf setiap kita baca Al Qur’an.

Kita balik lagi yah. Next, setelah kita selesai tadarus, dan itu biasanya sekitar jam 10 sampai jam 11, biasanya gue gunain waktu yang ada sebelum adzan dhuhur dengan main gadget. Next, biasanya gue sih kalo lagi keasikan main gadget sampai gue lupa waktu yah (kadang sih), jadi kita bahas yang lagi kerasukan malaikatnya aja yah. Saat adzan dhuhur, kalian bisa langsung ambil wudhu, terus sholat dan tak lupa tadarus. Setelah selesai dan sekitar jam 1, biasanya gue tidur atau kalo enggak gue lanjut main gadget lagi. Jadi itu terserah kalian yah. Entah kalian isi sama ngegame atau keluar kemana gitu. Dan sekitar jam 3 atau setengah 4 (gue selalu ngeset alarm gitoh), gue biasanya mandi dan langsung sholat ashar sekalian tadarus bentar. Sekitar jam 4 atau setengah 5 biasanya gue udah mulai nyiapin masakan buat buka puasa. Buat kalian yang males masak (kayak gue biasanya, hahahah) kalian bisa sekalian ngabuburit cari makanan dan minuman plus camilan/takjil. Setelah adzan maghrib kalian bisa langsung buka dan jangan lupa sholat maghrib guys. Next, sambil nunggu Isya dan sholat tarawih, kalian bisa gunain waktu buat tadarus lagi. Selesai sholat Isya dan dilanjut tarawih (jangan lupa tadarus), kalian bisa gunain waktu buat nonton, main gadget, hang out atau bisa juga tidur (jadi itu terserah kalian yah guys).

Nah, itu tadi tips dari gue biar puasa kalian lancar dan biar waktu kaya berasa cepat gitu. Oh yah, pastinya diantara kalian (bukan lagunya d’masiv) banyak yang mikir, kok sering banget tadarus sih? Kalo kegiatan tadarusnya diganti sama yang lain gitu emang gapapa? Jawabnya, terserah kalian. Tapi, gue cuman mau ngingetin, kapan lagi sih kita perbanyak tadarus kalo bukan di bulan Ramadhan ini. Yah, seenggaknya biar waktu nggak kerasa lah yah. Dan karena bulan Ramadhan ini bulan ampunan, bulan yang suci, bulan yang penuh berkah, jadi apa salahnya kalo kita isi dengan yang baik-baik. Semisal perbanyak kegiatan ibadah yang lain. Gitoh. Hahahah, udah lah yah, entar kalo gue kelamaan ceramah bisa dibilang mamah dedek gue. Jadi semoga article gue bermanfaat buat kalian. Dan semoga setelah baca ini, kalian para penganggur sejati seperti gue, kalian bisa kebukak pikirannya dan jadi lebih giat lagi dalam beribadah. Dari yang nggak pernah tadarus, bisa tadarus, dari yang tadarusnya cuman bentar atau jarang bisa jadi sering. Dan 1 hal lagi. Ini pesan yah guys, kalo bisa atau bisa dibilang harus lah yah (maksa) kalian musti pertahanin keseringan baca Al Qur’an atau kegiatan ibadah lainnya yah guys. Biar kesannya nggak cuman dibulan Ramadhan aja, tapi udah jadi kebiasaan gituh. Allright guys, segitu aja ocehan dari gue, love you guys. Dan selamat menunaikan ibadah puasa dari guweh. Huhuhuhu

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

2 responses to “Tips agar Puasamu Berjalan Lancar”

  1. Rahman Batopie Avatar

    Barakallah . . .

    Like

    1. grianbarruo Avatar

      Alhamdulillah 🙂

      Like

Leave a comment